Coral Day 2013

Pulau Pramuka, 11-13 Mei 2013


Coral Day merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) untuk memperingati Hari Terumbu Karang pada tanggal 8 Mei merupakan kegiatan peduli dan cinta lingkungan, laut pada khususnya yang terbuka untuk umum.

Terumbu karang mengalami tekanan dari aktivitas manusia, mulai dari hulu sampai ke hilir.Oleh sebab itu, adanya Coral Day dapat membantu mengurangi tekanan terhadap terumbu karang pada khususnya, dan ekosistem pesisir pada umumnya. Di sisi lain, masyarakat juga tidak merasa terbebani karena muatan-muatan pelestarian ekosistem dikemas dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Diharapkan, pasca pelaksanaan Coral Day, masyarakat yang terlibat akan menyebarkan kembali apa yang telah mereka alami dan lakukan agar dampaknya semakin lama semakin meluas

Coral Day 2013 berjalan dengan lancar pada tanggal 11-13 Mei 2013 bertempat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta dengan banyak rangkaian acara dan kegiatan, diantara lain:

 

 

Adopsi coral oleh Himpunan Mahasiswa Jakarta (HIMADA) dan JARMON

 

                         

Adopsi karang adalah penanaman karang dari hasil budidaya karang, dengan adanya para pengadopsi yang sadar akan pentingnya kelestarian terumbu karang akan memperbaiki kondisi ekosistem yang ada di Kepulauan Seribu akan pulih dan makin banyak ikan-ikan yang bermain didalamnya. Karang yang ditanam tersebut akan dimonitoring setiap bulannya, dan para pengadopsi karang akan mendapatkan informasi berupa keterangan berupa foto karang yang mereka adopsi serta dilampirkan ukuran karang perbulannya. Pemonitoringan tersebut dilakukan oleh teman-teman dari JARMON (Jaringan Monitoring) di Kepulauan Seribu.

 

 

Beach and Underwater clean up (JARMON)

 

                   

Sampah di Pulau Pramuka sudah sangat mengganggu masyarakat sekitar dan para wisatawan. Selain tidak ada sistem pengelolaan sampah, sampah juga dating dari hulu. Program bersih pantai dan laut akan membutuhkan partisipasi dari relawan pengunjung maupun masyarakat setempat. Kegiatan ini berjalan secara bersamaan, para diver melakukan underwater cleanup sedangkan yang lainnya melakukan beach clean up membersihkan sampah-sampah seperti styrofoam dan plastik dimana jenis sampah tersebut sangat susah terurai oleh alam dan keberadaannya bisa mengganggu kesehatan lingkungan.

 

 

 

Pentas teater dan boneka oleh Teens Go Green

Pertunjukkan teater dan pentas boneka dengan tema: Kurangi Sampah, Selamatkan Laut. Pentas akan dilaksanakan oleh tim kreatif dari Teens Go Green. Pementasan membawakan kisah serangan sampah ke Pulau Pramuka, dan bagaimana para pihak seperti masyarakat setempat, pengunjung,dan lain sebagainya dapat bahu membahu untuk memerangi sampah dan menyelamatkan terumbu karang. Kombinasi teater dan pentas boneka dapat menjadi media yang unik dan kreatif dalam penyampaian pesan-pesan terkait terumbu karang.

 

 

Pelepasan tukik penyu bersama Daihatsu & TNKPS

Pada sore hari tanggal 11 Mei 2013, akan dilakukan pelepasan tukik penyu. Penyu sisik merupakan satwa langka yang dilindungi. Oleh sebab itu, satwa penghuni terumbu karang tersebut ditetaskan oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu. Tukik (anak penyu) hasil penetasan akan dilepas di pantai Pulau Pramuka, dan diharapkan dapat melestarikan populasi mereka di alam. Pelepasan tukik penyu akan dikoordinir oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKPS) bersama dengan gerakan Penyu untuk Negri (Daihatsu).

 

 

Pembagian poster, media, dll

Pembagian poster merupakan salah satu cara edukasi kepada masyarakat sekitar untuk menginformasikan sesuatu. Poster yang dibagikan adalah panduan bagaimana menjadi wisatawan yang baik, snorkling ramah lingkungan sehingga ekosistem terumbu karang bisa terjaga kelestariannya



Yayasan TERANGI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan membantu kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik. Diharapkan dengan berjalannya kegiatan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar akan meningkat, sehingga Ekosistem Terumbu Karang terjaga.

 

 

Kemitraan Coral Day 2013:
1. Teens Go Green
2. Daihatsu
3. PERNITAS
4. ELANG EKOWISATA

 

Cetak E-mail